Review Nokia N70 Music Edition
















Nokia N70 Music Edition merupakan ponsel keluaran nokia yang dikhususkan dalam multimedia. Kali ini saya akan me-review ponsel Nokia N70 Music Edition ini, tentunya me-review dengan cara sederhana dan mudah dipahami. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di bawah ini.
  • Desain
Nokia N70 Music Edition atau disebut dengan Nokia N70-1 ini memilki desain candybar, dengan bentuk persegi panjang.Ponsel ini memilki panjang 10,8 cm, lebar 5,3 cm dan tebal 2 cm. Di bagian depan terdapat layar, jajaran keypad, dan kamera kedua (video call). Di bagian belakang terdapat sebuah kamera utama yang ditutup oleh penutup atau pelindung kamera yang bisa digeser ke atas dan kebawah. Di baigan atas terdapat tombol power. Dan di bagian bawah terdapat port charging, port headset dan port kabel USB (bawaan/khusus). Dibagian samping kanan terdapat port untuk kartu memori berjenis MMC.

Pada bagian front Nokia N70 Music Edition ini terdapat beberapa bagian yaitu layar utama, kamera kedua (video call), dan jajaran keypad. Kita akan membahas satu persatu dari ketiga bagian itu.

Pertama, kita akan membahas tentang bagian layar, layar yang dimiliki Nokia N70 Music Edition ini berukuran 4,5 x 4 cm berjenis TFT dan memiliki resolusi 176 x 206 pixel dengan kedalaman warna 262.144 warna. Dengan layar yang seperti ini sudah bisa menampilkan warna yang cukup bagus, tapi sayangnya resolusi yang diberikan kurang ampuh untuk menampilkan warna yang berkedalaman 262.144 warna, sehingga warna yang keluar tidak sebagus yang asli.

Kedua, kita akan membahas tentang kamera depan, di bagian depan ponsel ini terdapat kamera kedua yang dapat digunakan seperti kamera utama dan untuk melakukan panggilan video (video call), resolusi kamera kedua ini adalah 640 x 480 pixel (VGA). Hasil kamera depan dari ponsel ini cukup bagus untuk kelas kamera VGA ponsel. Selain digunkan untuk melakukan panggilan video (video call), kamera kedua ini juga bisa digunakan sebagai cermin, ketika kita sedang terburu-buru dan merasa ada yang kurang dengan penampilan pada wajah kita, kita bisa menggunakan kamera kedua ini untuk bercemin.

Ketiga, kita akan membahas tentang sensor cahaya, sensor cahaya ini terletak pada bagian kiri atas ponsel. Sensor cahaya ini berfungsi sebagai pengatur cerah nya layar, ketika di tempat yang minim cahaya maka kapasitas terang pada layar akan meningkat, dan ketika di tempat terang maka kapasitas terang pada layar akan diturunkan.

Keempat,kita akan membahas tentang jajaran keypad pada ponsel ini. Pada bagian keypad terdapat beberapa tombol, diantaranya yaitu :
  • tombol navigasi yang terletak pada bagian tengah atas papan keypad, tombol ini berfungsi untuk tombol penunjuk arah(kanan, kiri, atas, bawah) dan pada bagian tengah terdapat tombol klik atau tombol eksekusi.
  • tombol softkey yang terletak pada baigan samping kanan dan kiri tombol navigasi, pada umumnya tombol ini berfungsi untuk menunjukan perintah ‘options’ dan ‘cancel’.
  • tombol ‘panggilan’ berwarna hijau dan tombol ‘mengakhiri panggilan’ berwarna merah, fungsi tombol tersebut sesusai dengan namanya yaitu untuk menerima dan mengakhiri ketika melakukan panggilan. Selain itu ada beberapa fungsi lain dari kedua tombol ini, misalnya pada tombol ‘panggilan’ berfungsi untuk tombol mengirim pesan pada menu messaging, kemudian tombol ‘mengakhiri panggilan’ berfungsi untuk menutup aplikasi secara langsung ketika aplikasi tersebut sedang runnning. Kedua tombol tersebut terletak di sisi kanan dan kiri tombol navigasi, dibawah tombol softkey.
  • Tombol numerik yang berada di bagian tengah bawah tombol navigasi. Terdapat 9 tombol numerik, tombol-tombol ini berfungsi untuk menginputkan angka, huruf dan simbol.
  • Tombol menu, terdapat di bawah tombol ‘panggilan’, fungsi tombol ini adalah untuk menampilkan menu utama pada ponsel. Kemudian tombol ini pun berfungsi sebagai tombol multitasking, untuk menggunakan fungsi multitasking tekan tombol menu dan tahan beberapa saat sampai pilihan multitasking terbuka.
  • Tombol musik, tombol ini terletak dibagian bawah tombol ‘mengakhiri panggilan’. Tombol ini berfungsi untuk membuka atau mengarahkan ke player musik ponsel. Tombol ini pun menandakan bahwa ponsel Nokia N70 ini adalah Nokia N70 Music Edition, karena pada Nokia N70 standar tidak terdapat tombol musik, melainkan tombol multimedia.
  • Tombol pensil, tombol ini terletak pada bagian bawa tombol menu. Tombol ini berfungsi untuk melakukan perintah tambahan pada bagian messaging dan yang berhubungan dengan tulis menulis pada ponsel. Fungsi tambahan diantaranya adalah fungsi ‘copy’, ‘paste’, dan ‘symbol’.
  • Tombol ‘c’ atau tombol clear, terletak di bawah tombol musik. Tombol ini berfungsi untuk menghapus karaker yang telah atau sedang di inputkan, misalnya pada saat mengetik pesan, email, kontak, dll.
Pada Bagian belakang terdapat kamera utama dan satu lampu flash. Kamera utama ini memiliki resolusi 2 Megapixel. Kamera dan lampu flash ini diberi penutup atau pelindung yang bisa di geser ke atas dan kebawah. Cukup aman untuk melindungi kamera agar tidak tergores pada saat disimpan di kantong celana jeans.

  • Kinerja Ponsel
Sebagai Ponsel

Menurut saya, ponsel Nokia N70 Music Edition ini jika digunakan sebagai ponsel yang sejati cukup memuaskan. Saat digunakan melakuakn panggilan suara, suara terdengar cukup jernih. Kemudian pada saat melakukan panggilan video (video call) cukup bagus, gambar yang di tampilkan lumayan tertampil cukup jelas, biarpun terkadang nge-lag dan terputus-putus (tergantung dari service operator yang di sediakan).

Sebagai Gadget Multimedia
  • Musik
Nokia N70 Music Edition ini memilki fitur yang lumayan pada bidang musik untuk ponsel sekelasnya. Pada saat memutar lagu menggunakan luodspeaker suara yang dikeluarkan cukup keras tapi terdengar agak garing pada saat set volume full. Menurut saya, keluaran suara loudspeaker yang terbaik (suara terdengar kencang dan kualitas suara yang dikeluarkan bagus) pada ponsel ini ada pada tingkat volume yang ke 5 dan 6, jika lebih dari itu suara akan terdengar pecah.

Lain hal nya jika kita menggunakan headset, dengan headset bawaan yang di sediakan Nokia, suara yang dikeluarkan cukup berkualitas. Suara yang dikeluarkan headset bawaan terkesan nge-bass dan pada saat di set pada volume tinggi pun suaranya masih terdengar balance. Jika anda kurang puas dengan menggunakan headset bawaan, anda dapat menggunkan headset dengan ukuran jack 3,5 mm dari pihak ketiga yang dijual di toko-toko musik. Mungkin dapat meningkatkan performa keluaran suaranya.

Kelemahan di sisi musik pada ponsel ini adalah tidak menyediakan equalizer, sehingga kita tidak bisa mengatur keluaran suara sesuai dengan keinginan kita. Tapi dengan dengan setting equalizer yang standar sudah cukup memusakan. Terlebih ketika kita mendengarkan lagu kesukaan kita dengan menggunakan headset. Cukup menghibur disaat kita merasa bosan.

  • Kamera Utama
Nokia N70 Music Edition memiliki kamera utama dengan resolusi 2 megapixel. Hasil jepretan yang dihasilkan oleh ponsel ini lumayan untuk sekelas ponsel berkamera 2 megapixel. Pada saat di coba memfoto di luar dengan keadaan cahaya yang berlimpah, hasil yang dihasilkan lumayan jernih dan jelas. Tetapi pada saat digunkan pada tempat yang minim cahaya, hasil jepretannya kurang bagus, lampu flash yang disediakan pun kurang membantu. Apalagi jika digunakan untuk memfoto jarak jauh. Sebaiknya anda menggunakan kamera yang terdapat pada Nokia N70-1 ini di tempat yang tidak minim cahaya. Kamera yang di bawa lumayan bagus untuk sekedar jeprat-jepret sembari narsis.

Kamera utama ini pun bisa digunkan untuk merekam video dengan format ‘.mpeg ‘dan ‘.3gp’. Rekaman video maksimum yang dihasilkan bersolusi 352 x 288 pixel. Hasil nya cukup mengesankan, jarang terjadi gerakan yang patah-patah, dan hasil rekam suaranya pun lumayan bagus dengan format ‘.aac’.

  • Internetan
Untuk masalah internetan ponsel ini memang bisa di andalkan, tentunya dengan adanya jaringan network yang sudah 3G maka kecepatan yang didapatkan cukup mengesankan. Apalagi untuk sekedar chatting-an, FB-an, dan Tweet-an, tiga hal tersebut dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi untuk melakukan browsing kita akan merasa kurang puas dengan ukuran layar yang agak kecil.

Kesimpulan 
Menurut saya, ponsel Nokia N70 Music Edition cukup bisa diandalkan sebagai ponsel multimedia sebagai gadget untuk mendengarkan musik, apalagi mendengarkan musiknya menggunakan headset yang berkualitas,pasti bakalan lebih asik lagi. Untuk berinternetan pun dapat di andalkan biarpun dengan ukuran layar yang agak kecil. Masih nyaman untuk sekedar chatting dan update status. Demikianlah sedikit review pada NOKIA N70 MUSIC EDITION. Semoga memberikan manfaat, terimakasih.


Komentar

Posting Komentar